Selamat datang di Website Resmi Pemerintah Desa Lubuk Lawas,,, untuk mendapatkan Pelayanan Desa Mandiri dapat menghubungi admin desa dalam mendapatkan PIN. Demikian atas kunjungannya diucapkan terima kasih

Artikel

PENEBARAN BENIH IKAN GURAME, KLEMAK DAN BETOK OLEH DINAS PERIKAN PROVINSI JAMBI DAN KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT DI DESA LUBUK LAWAS

14 Agustus 2021 01:52:17  Administrator  57 Kali Dibaca  Berita Desa

Dinas Perikanan Provinsi Jambi dan Dinas Perikanan Kabupaten Tanjung Jabung Barat melalui Bidang Budidaya Perikanan melakukan kegiatan penebaran benih-benih ikan lokal di Desa Lubuk Lawas yang tujuannya untuk kelestarian lingkungan alam. Ada 3 jenis ikan lokal yang telah berhasil lepaskan, jenis-jenis ikan yang ditebar di Air Terjun Pelabian, Desa Lubuk Lawas, Kecamatan Batang Asam, kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi sebanyak 3 Jenis, yaitu :(1) Ikan Gurame (2) Ikan Klemak (3) Ikan Betok.
Air Terjun Pelabian merupakan destinasi wisata desa yang saat ini dikembangkan oleh kepala desa dan warga desanya sebagai area wisata alam dan wisata edukasi. Kepala Desa Wiwin Ardiansyah juga menambahkan tujuan penebaran benih ikan di wilayah Air Terjun Pelabian adalah untuk mejaga ekositem dan kelestarian alam sekitar air terjun, dimana Air Terjun Pelabian adalah merukan salah satu potensi desa yang sangat potensial. Kepala Desa Lubuk Lawas juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Gubernur Jambi dan Bapak Bupati Tanjung Jabung Barat, Dinas Perikan Provinsi Jambi dan Dinas Perikan Kabupaten Tanjung Jabung Barat atas pelepasan benih ikan tersebut.

Kegiatan Penebaran benih ikan lokal merupakan upaya untuk meningkatkan jumlah populasi ikan yang berkurang akibat kegiatan penangkapan yang dilakukan secara terus-menerus khususnya di perairan umum sehingga diperlukan kegiatan restocking. Restocking ikan diyakini mendukung upaya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Dalam kesempatan ini kegiatan Penebaran benih ikan lokal juga bertujuan sebagai pemenuhan ketahanan pangan dalam rangka penanggulangan dampak covid 19. Perairan umum adalah bagian dari permukaan bumi yang secara permanen atau berkala tergenang oleh air (tawar, payau, laut) mulai dari garis pasang surut terendah kearah daratan dan badan air tersebut terbentuk secara alami atau buatan. Seiring bertambahnya aktivitas manusia di sekitar perairan umum, maka tingkat eksploitasi semakin besar, sehingga habitat untuk ikan di perairan umum menjadi semakin menyempit.(#AD)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

 Peta Wilayah Desa

 Pemerintah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. M. Darwis RT. 002
Desa : Lubuk Lawas
Kecamatan : Batang Asam
Kabupaten : Tanjung Jabung Barat
Kodepos : 36552
Telepon : 081367401899
Email : lubuklawas@tanjabbarkab.go.id

 Arsip Artikel

 Agenda

Belum ada agenda

 Sinergi Program

Kemendagri Tanjung Jabung Barat KumpehHost
Kecamatan Batang Asam Kemendesa

 Komentar

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:69
    Kemarin:108
    Total Pengunjung:28.077
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.22.51.241
    Browser:Mozilla 5.0